Berita

Berita (18)

MAHASISWA FAI MENAMBAH ILMU TENTANG DUNIA USAHA

28 February 2020 by Berita 67 Views
Administrator HES

Written by

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam (FAI) Umiversitas Muhammadiyah Purwokerto menggelar Kuliah Tamu dengan tema “Muda Berkarya Melalui Inkubasi Bisnis Kreatif”, menghadirkan narasumber Fahd Pahdepie, S.I.P., M.A. (penulis best seller dan pengusaha) di Aula A.K. Anshori , Kantor Pusat UMP Lt.3, (27/02).

Kaprodi Hukum Ekonomi Syariah Drs. Wage, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan kuliah tamu ini membawakan hasil untuk peningkatan mahsiswa kedepannya.

“Tujuan diadakannya kuliah kamu ini adalah untuk memberikan bekal kepada para mahasiswa terutama agar mereka nanti terinspirasi oleh pembicara, dimana pada kesempatan ini pembicara masih sangat muda namun sudah meraih berbagai macam kesuksesan. Mudah-mudahan nanti bisa tertular kepada para mahasiswa,” ungkapnya.

            Fahd Pahdepie, S.I.P., M.A. dalam peme ran materi mengatakan “Setiap orang dalam hidupnya akan melewati setidaknya empat fase yang biasa saya sebut empat S, yaitu Survival, Security, Success dan Significant. Survival yang berarti sebuah proses untuk bisa bertahan hidup dengan cara memenuhi kebutuhan dasarnya, kemudian security merupakan suatu titik yang sudah aman karena semua kebutuhan telah tercukupi, lalu ketingkatan selanjutnya success yaitu memiliki sesuatu yang lebih dari yang sebenarnya cukup, masuk fase yang ke empat significant itu menjadi orang yang beda menjadi seseorang yang bermakna atau bermanfaat bagi orang lain, begitu pula didunia usaha akan menghadapi masalah tersebut.” pungkasnya.

Read more...

KERJASAMA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO DENGAN BANK SYARIAH

17 December 2019 by Berita 81 Views

Dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa terhadap praktik operasiaonal perbankan syariah, mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah S-1 semester III dan V Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto sebanyak 42 orang melakukan kunjungan Bank Muamalat Purwokerto. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2019. Dengan di dampingi oleh dosen pengampu mata kuliah Perbankan Syariah, Encep Saepudin, SE., M.Si., dosen pengampu mata kuliah Hukum Kontrak Bisnis Syariah, Safitri Mukarromah, S.Ag., M.Sy. dan juga Ketua Program Studi Hukum Ekonomi Syariah S-1, Drs. Wage, M.Ag.

Read more...

25 Mahasiswa Fakults Agama Islam Ikuti PLD di Pimpinan Ranting Muhammadiyah Belik

11 December 2019 by Berita 100 Views

Praktik Lapangan Dakwah (PLD) merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa kader tarjih dan tabligh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh semasa kuliah sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

PLD tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 12 – 25 Rabi’ul Akhir 1441 H/9 – 22 Desember 2019 M bertempat di Pimpinan Ranting Muhammadiyah Belilk diikuti oleh 25 orang mahasiswa kader tarjih dan tabligh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang terdiri dari 19 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam S-1 dan 6 orang mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah S-1.

Sebelum PLD dilaksanakan mahasiswa diberi pembekalan yang telah dilaksanakan pada tanggal 10 Rabi’ul Akhir 1441 H/7 Desember 2019 M. Acara tersebut dibuka oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik Drs. Makhful, M.Ag. Adapun materi yang disampaikan tentang Teknik Khutbah dan Retorika, Fiqih Dakwah, serta Program Kerja dan Membuat Laporan.

Read more...

FAI : PELEPASAN MAHASISWA MAGANG 3

01 October 2019 by Berita 94 Views

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto memberangkatkan 46 mahasiswa dalam Program Magang 3 di SMA/SMK Negeri di Purwokerto. Program ini akan berjalan selama satu bulan penuh, terhitung mulai 1– 31 Oktober 2019.

Dekan FAI Dr. Ibnu Hasan, M.S.I mengatakan, “Selama menjalankan Program Magang 3 mahasiswa diharapkan dapat memaksimalkan diri dalam menempa, berlatih, dan memahami apa yang akan diterapkan”.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Dekan FAI kepada mahasiswa “Anda disana membawa almamater UMP sehingga harus bisa menjaga nama baik dengan mematuhi peraturan yang berlaku dan juga menjalin komunikasi yang bagus dengan tempat magang serta kepada dosen pembimbingnya, segala sesuatuhal yang terjadi komunikasikan.” ungkapnya.

Selain memberangkatkan mahasiswa Magang 3 pada waktu yang bersamaan Dekan FAI juga melepas 16 orang mahasiswa Hukum Ekonomi Syari’ah S-1 ke perbankan-perbankan syariah di wilayah Purwokerto dan Purbalingga dalam kegiatan Praktik Lembaga Keuangan Syariah (PLKS). Kegiatan ini berlangsung selama 30 hari dimulai pada tanggal 1 – 30 Oktober 2019.

Read more...

MODAL SETELAH LULUS : SISTEM SERTIFIKASI KOMPETENSI

28 September 2019 by Berita 104 Views

Untuk menambah wawasan mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengikuti sosialisasi sertifikasi kompetensi bersama Lembaga Sertifikasi Profesi UMP  di Ruang Sidang Kantor Pusat Lt. 2 Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Direktur LSP Teguh Marhendi, S.T., M.T., menjelaskan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah lembaga yang akan memberikan pengakuan kepada mahasiswa untuk mengikuti uji kompetensi. Mahasiswa nantinya akan mendapat hasil dari uji kompetensi tersebut.

“LSP ini sudah berdiri sejak 2017 tetapi baru mendapat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) tahun lalu. LSP UMP ini adalah LSP kedua dari seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Jawa Tengah”.

Selanjutnya ia mengatakan betapa pentingnya sertifikasi kompetensi ini, “Salah satu fungsinya yaitu mahasiswa akan mempunyai modal lulus, karena persaingan di MEA sangat berat. Karena bukti kompeten sangat diperlukan dalam dunia pekerjaan, orang yang sudah memiliki bukti kompeten akan lebih mudah mencari pekerjaan” ungkapnya.

Read more...

Mahasiswa UMP Terus Kembangkan Ilmu Hukum Keuangan Syariah

28 September 2019 by Berita 90 Views

Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terus kembanggkan Ilmu Hukum Ekonomi Syariah. Hal itu dilakukan dalam Workshop yang bertajuk Excellent Service Lembaga Keuangan Syariah di Ruang Sidang lt II UMP, Kamis (26/9).

Dekan Fakultas Agama Islam Dr Ibnu Hasan dalam sambutannya menyampaikan bahwa lulusan Hukum ekonomi Syariah harus bisa mempraktekan peradilan ekonomi di Indonesia.

 “Di era saat ini segala praktek ekonomi di Indonesia sudah berbasis digital. Contohnya Antoni Tan yang mendirikan Grab yang saat ini sangat dikenal oleh masyarakat. Jadilah lulusan prodi HES yang mampu mempraktekan ekonomi yang lebih menarik yang tidak ada di digital,” jelasnya.

Dijelaskan, workshop Pembekalan Praktikum Lembaga Keuangan Syariah untuk Mahasiswa Fakultas Agama Islam Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) tahunan ini bertujuan agar mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan dan mengaplikasikanya dalam dunia kerja guna mengembangkan ekonomi Indonesia yang lebih adil.

Read more...

FAI UMP MEMBAHAS PELUNG DAN PERAN STRATEGI MAHASISWA KEAGAMAAN DI ERA 4.0

27 September 2019 by Berita 110 Views

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto menyelenggarakan kuliah tamu pada Sabtu, (14 / 09) yang bertempat di Aula Fakultas Teknik dan Sains Lt. 5 Universitas Muhammadiyah Purwokwrto.

Acara yang bertema “ Peluang dan Peran Strategi Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Era 4.0” dihadiri oleh seluruh Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Kuliah tamu menghadirkan pembicara Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag. Rektor IAIN Salatiga”, ungkap Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Ibnu Hasan, M.S.I.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Dekan FAI UMP bahwa “Supaya mereka mendapatkan wawasan yang baru, yaitu wawasan bagaimana caranya menghadapi globalisasi di era moderen ini” ungkap nya.

Read more...

ALUMNI FAI UMP SIAP UNTUK MEMBANGUN BANGSA

27 September 2019 by Berita 105 Views

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FAI UMP) mengadakan  pelepasan terhadap calon wisudawan / widudawati periode September 2019. Acara pelepasan dilaksanakan pada hari Jum’at, 13 September 2019 lalu, bertempat di D’Garden Hall & Resto Purwokerto. Pelepasan diikuti oleh 46 calon wisudawan/wati yang terdiri dari 44 Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) S-1 dan 2 dari Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) S-1.

Acara pelepasan dihadiri oleh Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Ketua IKA Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Gubernur BEM, Ketua Komisaris IMM Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Read more...

PERSIAPAN MAGANG : FAI MELAKUKAN RAPAT KOORDINASI DENGAN KEPALA SEKOLAH TEMPAT MAGANG 3

27 September 2019 by Berita 112 Views

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto menggelar Rapat Kordinasi pelaksanaan program Magang 3 di Ruang Rapat Pimpinan Fakultas Agama Isalam dengan kepala sekolah yang akan menjadi tempat mahasiswa Magang 3, Selasa (24/09).

Acara ini dihadiri oleh Dosen Pembimbing dan Penilai Lapangan Magang Tiga Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto beserta 7 kepala sekolah SMA/SMK Negri di Purwokerto.

Dekan FAI Dr. Ibnu Hasan, M.S.I dalam sambutanya mengatakan bahwa “ magang ini memiliki tujuan mengadakan pengamatan langsung kultur sekolah untuk membangun dasar pedagogik, kepribadian dan sosial. Dan juga tentunya memiliki visi yaitu menghasilkan calon guru yang profesional dalam wawasan pengetahuan  memiliki daya kreatifitas yang tinggi, memiliki polah tingkah laku yang unggul dan islami dalam melaksanakan pendidikan di sekolah maupun diluar sekolah.” ungkapnya.

Read more...

UNTUK MEWUJUDKAN CALON GURU YANG PROFESIONAL DALAM WAWASAN PENGETAHUAN DAN MEMILIKI DAYA KREATIFITAS YANG TINGGI, FAI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO MENJALANKAN PROGRAM MAHASISWA MAGANG 3

27 September 2019 by Berita 115 Views

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FAI UMP) menggelar pembekalan Magang 3 yang diikuti 46 Mahasiswa program Studi Pendidikan Agama Islam S-1 bertempat di Ruang Sidang Kantor Pusat Lt. 2 Universitas Muhammadiyah Purwokerto Sabtu (21 / 09).

Pemateri dalam acara tersebut adalah  Drs. Sujiman, M.A., Pengawas PAI SMA / SMK dengan tema “Model  Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah” dan Drs. Sulaeman, M.S.I., Kaprodi PAI S-1 menjelaskan tentang Mekanisme Pelaksanaan Magang 3.

Read more...
Page 1 of 2