PRAKTIK LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH YANG DITUNGGU MAHASISWA

03 November 2020 by Berita 185 Views

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto kembali mengadakan Program Praktik Lembaga Keuangan Syariah (PLKS) yang merupakan proses praktik oprasional atau studi lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah S-1. Sebelum melaksanakan PLKS mahasiswa terlebih dahulu diberi pembekalan. Pembekalan dilaksanakan pada hari Jum’at 16/10 bertempat  di gedung FAI diikuti oleh mahsiswa semester VII sebanyakl 15 orang.

Mahasiswa yang mengikuti PLKS ditempatkan di perbankan-perbankan syariah yang telah menjadi mitra Fakults Agama Islam selama 1 bulan.

Dijelaskan oleh Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Makhful, M.Ag. “ Tujuan diadakannya PLKS ini untuk memperkuat pengetahuan mahasiswa yang sebelumnya sudah dimiliki tentang praktik di Lembaga Keuangan Syariah, memberikan kemampuan praktis tentang oprasional Lembaga Keuangan Syariah, dan memberikan pengalaman tata operasional Lembaga Keuangan Syariah kepada mahasiswa”.

Dalam sambutannya ketua Panitia PLKS Safitri Mukarromh, S.Ag., M.Sy. mengatakan harapan manfaat yang dapat diperolah setelah mengikuti PLKS yaitu “mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah bisa mendapatkan kemampuan tentang tata oprasional Lembaga Keuangan Syariah serta terjalinnya kerjasama dengan Lembaga Keuangan Syariah sehingga mampu mempercepat pemahaman dan kesadaran tentang ekonomi syariah” ungkapnya.

Pada kesempatan ini pemateri pembekalan PLKS dihadirkan dari Pimpinan Bank Syariah Mandiri KC Purwokerto Bapak Zaenal Arifin, S.E., M.M. dengan materi yang bertemakan Excellent Service di Lembaga Keuangan syariah. Kemudian dilanjutkan oleh ketua Paniti PLKS Safitri Mukarromh, S.Ag., M.Sy. tentang mekanisme pelaksanaan PLKS.

Rate this item
(0 votes)