Administrator HES

MAHASISWA FAI MENGIKUTI KLINIK MANUSKRIP TUGAS AKHIR SKRIPSI

 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto kembali menggelar Klinik Manuskrip Penyusunan Tugas Akhir (Skripsi) di Aula A.K. Anshori Kantor Pusat Lt. 3 Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Materi kegiatan tersebut meliputi ketentuan umum penulisan tugas akhir, pentingnya cek plagiasi dan teknik parafrasa dalam penulisan tugas akhir, teknik penyusunan dan penulisan tugas akhir skripsi (kualikatif, kuntitatif, pustaka), manajemen referensi (mendeley), tugas akhir nonskripsi, teknik menulis dan submit artikel ke jurnal. (30/11)

 

Dalam pembukaan acara ini Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Makhful, M.Ag. menjelaskan betapa pentingnya kegiatan ini untuk mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya.

 

“Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk memberikan motivasi dan pembekalan kepada mahasiswa agar dalam penulisan tugas akhir nanti sudah mempunyai wawasan yang cukup tentang bagaimana cara menulis dan menyusunnya”. Ungkapnya

Acara Klinik Manuskrip Penyusunan Tugas Akhir (Skripsi) ini diikuti oleh mahasiswa semester 7 Prodi Pendidikan Agama Islam S-1 dan Hukum Ekonomi Syariah S-1.

MAHASISWA FAI MENDAPAT ILMU DARI PRAKTIK LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto periode T.A. 2021-2022 kembali mengadakan Program Praktik Lembaga Keuangan Syariah (PLKS) yang merupakan proses praktik oprasional atau studi lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah S-1. Pada hari Kamis 30/09 diadakan pembekalan PLKS di gedung FAI yang merupakan rangkaian dari Program tersebut, pembekalan kali ini diikuti oleh mahsiswa semester VII berjumlah 25 orang. Program PLKS dilaksanakan selama satu bulan, mahasiswa ditempatkan pada Perbankan Syariah dan lembaga- lembaga yang telah menjadi mitra dari Fakults Agama Islam.

Dijelaskan oleh Dekan Fakults Agama Islam Dr. Makhful, M.Ag. “ Tujuan diadakannya PLKS ini untuk ”memperdalam ilmu yang sudah diperoleh pada perkuliahan tentang Lembaga Keuangan Syariah, memberikan pengalaman tentang bagaimana tata opeasional Lembaga Keuangan Syariah kepada mahasiswa”.

Dalam sambutannya ketua Program PLKS ini Safitri Mukarromh, S.Ag., M.Sy. mengatakan harapan manfaat yang dapat diperolah setelah program ini yaitu ”Mahasiswa mendapatkan pelajaran tambahan tentang tata kelola oprasional Lembaga Keuangan Syariah serta menjalin kerjasama dengan Lembaga Keuangan Syariah sehingga bisa menciptakan lulusan mahasiswa yang berkwalitas nantinya”.

Pada kesempatan ini pemateri pembekalan PLKS dihadirkan dari pihak Bank Jateng Syariah Purwokerto menyampaikan materi yang bertemakan Excellent Service di Lembaga Keuangan syariah. Kemudian dilanjutkan oleh ketua Program PLKS Safitri Mukarromh, S.Ag., M.Sy. dan Nur Iftitah Istiana, S.H., M.H. tentang mekanisme pelaksanaan PLKS.

SEMINAR NASIONAL HES “PERAN HUKUM EKONOMI SYARIAH DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI NASIONAL”

Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar seminar nasional dan call for paper bertajuk “Peran Hukum Ekonomi Syariah dalam Pembangunan Ekonomi Nasional” secara daring yang dibuka langsung oleh Rektor UMP Dr. Jebul Suroso, S.Kp., Ns., M.Kep. Ada tiga pembicara pada seminar nasional kali ini yaitu Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M. dari Ketua Kamar Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. Mohamad Nur Yasin, S.H., M.Ag. dari Guru Besar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr. Encep Saepudin, M.Si. dari Universitas Muhammadiyah purwokerto. Acara dilaksanakan melalui zoom dan live streaming youtube FAI. (05/08)

Dalam sambutannya Rektor UMP menjalaskan tentang subtema seminar nasional ini yang sangatlah bagus meliputi tema tentang pengembangan aspek-aspek hukum bisnis dan keuangan syariah, aspek-aspek perlindungan konsumen dalam bisnis syariah, mediasi sengketa ekonomi syariah, peran pemarintah dalam market share lembaga keuangan syariah, start up dan financial technology bisnis syariah, pengembangan fatwa tentang ekonomi syariah.

HES FAI: PENGEMBANGAN HUKUM EKONOMI SYARIAH DI INDONESIA

Kuliah Dosen Tamu yang bertemakan Dimensi Hukum Kepailitan Dalam Pengembangan Hukum Ekonomi Syariah di Indonesia digelar oleh Program Studi Hukum Ekonomi Syariah S-1 Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto via zoom cloud meeting app. (08/04)

Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Makhful, M.Ag. dalam sambutannya menjelaskan kuliah dosen tamu kali ini berbeda dari yang sebelumnya.

“Pada Kuliah Dosen Tamu ini kita menghadirkan pakar hukum di indonesia akan menjelaskan tiga poin penting tentang kewenangan peradilan agama dalam hukum ekonomi syariah, kepailitan dan kepailitan ekonomi syariah” ungkapnya.

Pembicara Kuliah Dosen Tamu kali ini adalah Guru Besar Universitas Muhammadiyah Malang, Prof. Dr. Rahayu Hartini, S.H., M.Si., M.Hum. Dalam paparannya menjelaskan tentang pengadilan agama bertugas dan berwenang memeriksa, memutuskan dan menyelesaikan perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama islam di bidang perkawinan, waris, wasiat, hibah, wakaf, zakat, infaq, sodaqoh dan ekonomi syariah.

HES TERUS KEMBANGKAN KEMAMPUAN MAHASISWANYA

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengembangkan kemampuan mahasiswanya dengan mengirimkan 15 mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah S-1 ke Pengadilan Agama Purwokerto untuk mengikuti sidang.

Acara yang dilaksanakan pada hari Kamis 25 Maret 2021 didampingi oleh Dekan FAI Dr. Makhful, M.Ag. dan Safitri Mukarromah, S.Ag., M.Sy. selaku Kaprodi Hukum Ekonomi Syariah (HES).

Safitri Mukarromah, S.Ag., M.Sy. menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menggali dan memperoleh pengalaman langsung di lapangan berkaitan dengan teori-teori yang diperoleh mahasiswa pada saat proses pembelajaran.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pengetahuan teoritis yang telah dimiliki mahasiswa tentang praktik di Pengadilan Agama dan memberikan pengalaman praktis tatacara di Pengadilan Agama kepada mahasiswa, terlebih pada situasi saat ini di masa pandemi” ungkapnya.

PROSPEK LULUSAN HUKUM EKONOMI SYARIAH DI PENGADILAN AGAMA

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto menggelar Kuliah Tamu via zoom cloud meeting app, yang bertemakan “Prospek Lulusan Hukum Ekonomi Syariah di Pengadilan Agama”. (18/02)

Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Makhful, M.Ag. dalam sambutannya menjelaskan betapa pentingnya kuliah tamu ini.

“Tujuan diadakannya kuliah tamu untuk menambah motivasi belajar mahasiwa, karena nanti akan dijelaskan bagaimana kiat-kiat menghadapi era modern agar lulusan Hukum Ekonomi Syariah itu bisa masuk ke Pengadilan Agama”.

Hadir sebagai pembicara adalah Ketua Pengadilan Agama Purwokerto Drs. Muhdi Kholil, S.H., M.A., M.M. Dalam penyampaian materinya menjelaskan bagaimana beruntungnya mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah ini.

“Bagi mahasiswa yang mengambil Hukum Ekonomi Syariah adalah merupakan kebanggaan, itu merupakan suatu keputusan yang tepat karena disamping belajar hukum, belajar ekonomi, juga belajar agama. Jadi anda mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah ini sekaligus mempelajari tiga hal” ungkapnya.

PELAKSANAAN PROGRAM PLKS 2020 HUKUM EKONOMI SYARIAH

Program Praktikum Lembaga Keuangan Syariah (PLKS) merupakan proses praktik oprasional atau studi lapangan yang dilakukan oleh mahsiswa Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada Perbankan Syariah dan lembaga keuangan syariah. Program ini mempunyai tujuan untuk memperkuat pengetahuan teoritis yang telah dimiliki mahsiswa tentang praktik di Lembaga Keuangan Syariah serta memberikan kemampuan dan pengalaman praktis tentang oprasional mengenai Lembaga Keuangan Syariah kepada mahasiswa.

Penyerahan mahasiswa Program PLKS 2020 di Bank Muamalat.

Penyerahan mahasiswa Program PLKS 2020 di BRI Syariah Purwokerto.

Penarikan mahasiswa Program PLKS 2020 di BMT Banyumas.

Penarikan mahasiswa Program PLKS 2020 di BMT Mentari Purwokerto.

Penarikan mahasiswa Program PLKS 2020 di BMT Karanglewas.

Penarikan mahasiswa Program PLKS 2020 di BRI Syariah Purwokerto.

PRAKTIK LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH YANG DITUNGGU MAHASISWA

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto kembali mengadakan Program Praktik Lembaga Keuangan Syariah (PLKS) yang merupakan proses praktik oprasional atau studi lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah S-1. Sebelum melaksanakan PLKS mahasiswa terlebih dahulu diberi pembekalan. Pembekalan dilaksanakan pada hari Jum’at 16/10 bertempat di gedung FAI diikuti oleh mahsiswa semester VII sebanyakl 15 orang.

Mahasiswa yang mengikuti PLKS ditempatkan di perbankan-perbankan syariah yang telah menjadi mitra Fakults Agama Islam selama 1 bulan.

Dijelaskan oleh Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Makhful, M.Ag. “ Tujuan diadakannya PLKS ini untuk memperkuat pengetahuan mahasiswa yang sebelumnya sudah dimiliki tentang praktik di Lembaga Keuangan Syariah, memberikan kemampuan praktis tentang oprasional Lembaga Keuangan Syariah, dan memberikan pengalaman tata operasional Lembaga Keuangan Syariah kepada mahasiswa”.

Dalam sambutannya ketua Panitia PLKS Safitri Mukarromh, S.Ag., M.Sy. mengatakan harapan manfaat yang dapat diperolah setelah mengikuti PLKS yaitu “mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah bisa mendapatkan kemampuan tentang tata oprasional Lembaga Keuangan Syariah serta terjalinnya kerjasama dengan Lembaga Keuangan Syariah sehingga mampu mempercepat pemahaman dan kesadaran tentang ekonomi syariah” ungkapnya.

Pada kesempatan ini pemateri pembekalan PLKS dihadirkan dari Pimpinan Bank Syariah Mandiri KC Purwokerto Bapak Zaenal Arifin, S.E., M.M. dengan materi yang bertemakan Excellent Service di Lembaga Keuangan syariah. Kemudian dilanjutkan oleh ketua Paniti PLKS Safitri Mukarromh, S.Ag., M.Sy. tentang mekanisme pelaksanaan PLKS.

HUKUM EKONOMI SYARIAH S-1 MERAIH AKREDITASI “A” DARI BAN-PT

Alhamdulillah kabar membahagiakan datang dari Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Melalui Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) S-1 yang telah melaksanakan asesmen lapangan secara daring pada tanggal 14 15 Oktober 2020 FAI kembali mendapatkan akreditasi “A”. Setelah sebelumnya prodi Pendidikan Agama Islam S-1 kini prodi Hukum Ekonomi Syariah S-1 berhasil menyusul dan mengubah status akreditasi yang sebelumnya “B” menjadi “A” dengan skor 365, sesuai dengan surat keputusan yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 6558/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2020 yang ditetapkan pada Selasa (20/10).

Prodi Hukum Ekonomi Syariah S-1 ini berdiri pada tanggal 14 Januari 2014 dan mempunyai tujuan untuk mempersiapkan sumber daya insani yang memiliki kompetensi dan keahlian dalam bidang hukum ekonomi syariah secara teori dan praktik.

Kunci keberhasilan kali ini ada di 7 standar kriteria penilaian yaitu mulai dari SDM, tata pamong, visi-misi, mahasiswa, keuangan dan aset, sampai dengan penelitian/pengabdian.

Dekan FAI Dr. Makhful, M.Ag. menjelaskan bahwa ada beberapa cara untuk mendapatkan hasil maksimal. “Kami telah menyiapkan seluruh aspek mulai satu tahun yang lalu, dalam urusan tersebut semua unsur terlibat baik dosen, staff, dan mahasiswa untuk mempersiapkan dokumen borang. Kami juga menyiapkan sebuah ruangan khusus untuk menyelesaikan borang tersebut, sehingga koordinasi dan pekerjaan lainnya dapat dikerjakan dengan nyaman dan efektif. Kekompakan dan kerjasama kolega sangat saya apresiasi untuk pencapaian ini, Alhamdulillah prodi Hukum Ekonomi Syariah S-1 meraih hasil yang maksimal,” ungkapnya.

Mendapatkan akreditasi A menjadikan komitmen untuk meningkatkan mutu dan kualiatas prodi. “Harapan saya sebagai Dekan semoga dengan tercapainya ini menjadi penyemangat dalam berkarya serta semakin bermanfaat bagi umat, bangsa, dan negara,” imbuhnya.

Sejarah HES

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Perguruan Tinggi Swasta terkemuka di Jawa Tengah, khususnya Jawa Tengah bagian selatan memiliki peranan penting dalam mendorong hadirnya iklim keilmuan dan tradisi akademik melalui beragam program studi yang tersebar dalam beberapa Fakultas di UMP.

Spirit visi UMP sebenarnya sangat memiliki spirit yang sama dengan kehadiran Islam sebagai agama yang rahmatan lil ‘alamin memberikan banyak pandangan kepada seluruh manusia. Cara pandang melihat persoalan duniawi dan akhirat. Dalam bidang ekonomi Islam tidak memposisikan aspek materialis sebagai bentuk tujuan dari proses aktivitas ekonomi. Islam memposisikan aktivitas ekonomi sebagai aktivitas mulia dengan menghadirkan keinginan aktvitas ekonomi secara adil dan mensejahterakan sesama makhluk Tuhan.

Upaya untuk mendorong pemikiran dan praktik ekonomi yang sesuai dengan ajaran Islam, maka upaya yang dilakukan oleh UMP termanifestasi pada adanya Fakultas Agama Islam (FAI) yang telah memiliki Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES). Tujuan didirikannya Prodi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto untuk mempersiapkan sumber daya insani yang memiliki kompetensi dan keahlian dalam bidang hukum ekonomi syariah baik secara teori dan praktik.

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (HES FAI UMP) berdiri pada tanggal 14 Januari 2011 Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : Dj.1/54/2011 tentang Izin Pembukaan Program Studi Strata Satu (S.1) atau Diploma Tiga (D3) pada Perguruan Tinggi Agama Islam Tahun 2010. Dalam perkembangannya Prodi HES FAI UMP terakreditasi A dengan SK BAN-PT No. 6558/SK/BAN-PT/ Akred/S/X/2020.

Page 1 of 4