Sejarah HES

29 December 2017 by Uncategories 551 Views

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Perguruan Tinggi Swasta terkemuka di Jawa Tengah, khususnya Jawa Tengah bagian selatan memiliki peranan penting dalam mendorong hadirnya iklim keilmuan dan tradisi akademik melalui beragam program studi yang tersebar dalam beberapa Fakultas di UMP.

Spirit visi UMP sebenarnya sangat memiliki spirit yang sama dengan kehadiran Islam sebagai agama yang rahmatan lil ‘alamin memberikan banyak pandangan kepada seluruh manusia. Cara pandang melihat persoalan duniawi dan akhirat. Dalam bidang ekonomi Islam tidak memposisikan aspek materialis sebagai bentuk tujuan dari proses aktivitas ekonomi. Islam memposisikan aktivitas ekonomi sebagai aktivitas mulia dengan menghadirkan keinginan aktvitas ekonomi secara adil dan mensejahterakan sesama makhluk Tuhan.

Upaya untuk mendorong pemikiran dan praktik ekonomi yang sesuai dengan ajaran Islam, maka upaya yang dilakukan oleh UMP termanifestasi pada adanya Fakultas Agama Islam (FAI) yang telah memiliki Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES). Tujuan didirikannya Prodi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto untuk mempersiapkan sumber daya insani yang memiliki kompetensi dan keahlian dalam bidang hukum ekonomi syariah baik secara teori dan praktik.

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (HES FAI UMP) berdiri pada tanggal 14 Januari 2011 Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : Dj.1/54/2011 tentang Izin Pembukaan Program Studi Strata Satu (S.1) atau Diploma Tiga (D3) pada Perguruan Tinggi Agama Islam Tahun 2010. Dalam perkembangannya Prodi HES FAI UMP terakreditasi A dengan SK BAN-PT No. 6558/SK/BAN-PT/ Akred/S/X/2020.

Rate this item
(0 votes)
More in this category: « Berkas Munaqasyah
Login to post comments